spot-kaldera1Indonesia merupakan Negara Kepulauan atau Negara Bahari di Asia Tenggara sekaligus Negara Kepulauan terbesar di Dunia. Dunia mengakuinya karena memang kita terdiri dari 13.487 Pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, Miangas hingga Rote. Salah satunya Potensi Wisata Bahari di Pulau Selayar, berikut opini yang saya rangkum untuk Anda

Pulau Selayar

Terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan letak Pulau Selayar berada. Jika ditempuh jalur darat ke pelabuhan Bira menempuh waktu 6 jam lalu menyambung kembali dengan menggunakan kapal laut 2.5 – 3 jam hingga ke pelabuhan penyeberangan Pamatata atau pelabuhan Benteng dekat dengan kota Benteng. Kota Benteng adalah ibukota dari kabupaten Kepulauan Selayar.

Anda akan mengenal lebih dekat dengan Pulau Sulwesi dari segi etnik atau suku secara keseluruhan hanya dengan mengunjungi Kepulauan Selayar. Kenapa? Karena semua suku yang ada di Sulawesi ada di Kepulauan Selayar walaupun hanya sebagian kecil saja, namun Anda bisa temukan disini.

Potensi Wisata Bahari

Kepualuan Selayar memiliki gugusan Pulau baik yang tetap berada diatas permukaan laut maupun terkadang terkena pasang air laut sebanyak 130 buah. Tidak seperti Kepulauan Seribu di Jakarta Utara yang dipengaruhi oleh pencemaran lingkungan yang berasal dari muara-muara sungai di daratan Pulau Jawa khususnya Jakarta, Kepulauan Selayar memang masih terhindar dari pencemaran lingkungan. Pasir putih, flora fauna baik di Pulau maupun di dalam laut masih sering kita jumpai.

Kepulauan Selayar jika dihubungkan dengan wilayah yang memiliki potensi wisata bahari lainnya akan membentuk “Kawasan Segitiga Wisata Bahari”. Diantara adalah kawasan wisata bahari di Wakatobi Sulawesi Tenggara, dan Komodo Nusa Tenggara Timur.

Akses menuju Kepulauan Selayar harus mengikuti kondisi cuaca. Kunjungan terbaik adalah antara bulan April-Agustus dan Oktober-Desember. Faktor cuaca yang dipengaruhi oleh angin barat dan angin timur menjadikannya Anda harus mencari waktu yang tepat.

Selain keindahan alamnya, Kepulauan Selayar memiliki Taman Nasional Takabonerate yang baru saja diajukan bersama Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk masuk kedalam UNESCO. Takabonerate memiliki Atol terbesar ketiga di dunia. Kegiatan yang paling banyak adalah wisata bahari seperti sailing, diving, snorkeling, berenang, camping, fishing, hingga bermalas-malasan dengan tujuan melepas kejenuhan dalam beraktifitas.

Pariwisata Indonesia dan MEA

Untuk sebagai informasi Anda, bahwa dalam mendukung percepatan dan daya saing Indonesia menghadapi MEA bahwa kita harus mendukung upaya pemerintah dalam mendepankan industri pariwisata sebagai “lokomotif” ekonomi untuk percepatan pembangunan Indonesia.

Industri pariwisata Indonesia menyerap banyak sekali jumlah tenaga kerja, pelaku usaha, masyarakat lokal, hingga instansi pemerintah dalam bekerjasama di multi sektor untuk menjadikan sebuah produk yang siap dinikmati oleh wisatawan. Sehingga dengan melibatkan multi sektor besar sekali “efek domino” yang dirasakan dari perputaran uang di industri pariwsata ini karena memang begitu besar

Wisata Ke Selayar

Wisata merupakan kebutuhan yang wajib bagi Anda, terlebih lagi jika sudah berada dalam tingkat jenuh. Alternatifnya yang sangat baik adalah berwisata. Apapun bentuknya yang penting berwisata baik kuliner, kumpul bersama orang yang disayangi, petualangan, menjelajahi budaya, mempelajari kebiasaan masyarakat setempat, hingga belajar membuat kerajinan atau belajar menari di tempat wisata.

Begitu juga jika Anda yang ingin mencoba hal baru dalam berwisata. Pergilah bersama rekan atau keluarga Anda untuk berwisata di Kepulauan Selayar-Takabonerate. Anda akan belajar banyak hal mulai dari menjejakan kaki Anda di Indonesia bangian tengah, mendatangi desa pembuat Kapal Phinisi dan melihat prosesi pembuatan Kapal Phinisi, berinteraksi sosial bersama masyarakat di Kepulauan Selayar, menyelami indahnya lautan Kepulauan Selayar, berburu kuliner khas Kepulauan Selayar hingga mencari hamparan bintang di angkasa di tengah-tengah Pulau dan Anda bisa mendapatkan semuanya itu.

Sudah siap Jelajah Selayar-Takabonerate?. Siapkan waktu khusus karena idealnya bisa menghabiskan waktu 5 hari 6 malam jika Anda dari Jakarta. Jika Anda berpergian sendiri atau berpasangan(2 orang), “ngeteng” adalah hal menarik dan seru serta murah. Jika Anda lebih menyukai mendapatkan teman baru dan berbagi biaya agar wisata Anda di Kepulauan Selayar murah, pergi secara rombongan jauh lebih menarik. Demikian ulasan singkat mengenai “Potensi Wisata Bahari di Pulau Selayar, Sulawesi Selatan”. Yuk, mulai rencanakan liburan Anda di Kepulauan Selayar

www.hipwee.com